Tata Cara Lengkap untuk Melakukan Sholat Dhuha 4 Rakaat



Selain sholat wajib lima waktu, umat islam juga memang di ajarkan untuk mengerjakan sholat sunna lainnya mulai dari pagi hari hingga sebelum masuk wakyu subuh. Salah satu ibadah sholat Sunnah yang di anjurkan untuk di kerjakan pada saat pagi hari yaitu solat dhuha. Amalan sholat yang satu ini juag disebutkan didalam wasiat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Abu Hurairah di dalam hadist yang memiliki arti:

“Kekasihku –yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam- mewasiatkan tiga nasehat padaku: [1] Berpuasa tiga hari setiap bulannya, [2] Melaksanakan shalat Dhuha dua raka’at, dan [3] Berwitir sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sholat dhuha ini adalah amalan yang sangat ringan, karena bisa Anda kerjakan sebanyak 2 rakaat. Lalu untuk jumlah rakaat yang paling maksimal, sesuai pendapat yang paling kuat tidak ada batasnya. Kebanyakan orang akan mengerjaan sholat dhuha sebanyak 2 rakaan saja, tapi bagi Anda yang mau mengerjakannya sebanyak 4 rakaat Anda bisa melakukannya sebanyak 2 kali salam. Walaupun begitu ada juga orang yang langsung mengerjakan sholat dhuha langsung 4 kali salam.

Tata cara dan juga niat sholat dhuha untuk 4 rakaat ini tentu saja beda dengan sholat yang di lakukan sebanyak 4 rakaat dalam 2 kali salam. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana tata cara yang benar untuk sholat sebanyak 4 rakaat.

 

Tata Cara Sholat Dhuha Langsung 4 Rakaat Satu Kali Salam dan Niatnya

Sebelum kita tahu bagaimana tata cara untuk sholat dhuha sebanyak 4 rakaat dalam 1 kali salam, Anda ini harus tahu dulu bagaimana bacaan niatnya, karena bacaan niat ni beda dengan Anda melakukan sholat sebanyak 2 rakaat. Ini dia bacaan niat untuk sholat dhuha 4 rakaat:

“Usholli sunnatadh dhuhaa arba'aa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa.”

Artinya: “Aku niat shalat sunnah dhuha empat rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Jika Anda sudah tahu mengenai tahu lafal niat sholat dhuha sebanyak 4 rakaat satu kali salam, ini dia tata cara sholatnya yang benar:

  • ·       Membaca niat
  • Takbiratul ihram
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek, dianjurkan untuk membaca surat Ad-Dhuha pada rakaat pertama kemudian baca surah As-Syams pada rakaat kedua
  • Rukuk dengan tuma'ninah
  • I'tidal dengan tumaninah
  • Sujud dengan tumaninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah
  • Sujud kedua dengan tumaninah
  • Lalu berdiri dan ulangi langkah 3-10 hingga berjumlah 4 rakaat
  • Tasyahud Akhir dengan tuma'ninah
  • Salam Membaca doa sholat dhuha

Jika membahas mengenao sholat dhuha sebanyak 4 rakaat di dalam 1 kali salam fatwa dari Asy Syabakah Al Islamiyyah menjelaskan: Anda ini di perbolehkan untuk mengerjakan sholat dhuha sebanyak 4 rakaat dengan dua kali tasyahud dan satu kali salam, sholat Sunnah ini diperbolehkan dikerjakan sebanyak 4 rakaan dengan dua kali tasyahud dan satu kali salam.

 

Doa Setelah Sholat Dhuha


Ini dia bacaan setelah sholat dhuha yang biasa di baca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika selesai sholat Dhuha, beliau mengucapkan: 

“Allohummaghfir-lii wa tub ‘alayya, innaka antat tawwabur rohii”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari).

14 comments

  1. BarokAllah makasiii banyak utk artikelnya mbaaa
    Sangat inspiring
    Semoga bs jadi amal yg baik

    ReplyDelete
  2. Masyaallah, doa yang dibaca tentang memohon ampun ya, bukannya minta rizki. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  3. Walaupun saya bukan penganut agama Islam, perlu juga baca artikel ini. Teman saya mayoritas muslim, serta ada anggota keluarga besar yang penganut agama Islam. Jadi, pernah mendengar isi tulisan di atas. Terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Semoga selalu dan semakin khusuk dalam menjalankan amal ibadahnya ya, Kak.

    ReplyDelete
  5. Rutin sholat dhuha rasanya semua beban masalah dan pikiran jadi terangkat, urusan dipermudah. Hati juga jadi lebih tenang dan ringan. Makasih sharing tentang sholat dhuhanya mba nunuu..

    ReplyDelete
  6. MashaAllah~
    Barakallahu fiik, kak Nunu.

    Pagi hari dan malam hari adalah 2 waktu yang diminta Allah untuk senantiasa mengingat kebesaran Allah dan jangan pernah berjalan sombong di atasnya. Semoga dengan senantiasa bersyukur bisa semakin mendawamkan ibadah Dhuha setiap hari.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah. Semoga kita dimudahkan melakukan sholat Sunnah Dhuha sesuai tuntunan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah.. Oo, untuk 4 rakaat langsung berarti tanpa tasyahud awal ya Mbak? Seperti tarawih 4 rakaat.. Biasanya yang lebih sering memang 2 rakaat ya. Terima kasih banyak ya Mbak sudah sharing.

    ReplyDelete
  9. Wah kebetulan aku sedang cari panduan sholat duha 4 rakaat, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Informasi yang sangat bermanfaat. Semoga bisa membantu kawan-kawan muslim dalam menjalankan ibadahnya.

    ReplyDelete
  11. Ma syaa Allah terimakasih remindernya mbak nunu, sholat sunnah yang manfaatnya banyak sekali, namun seting terlewat

    ReplyDelete
  12. Saya belum pernah shalat duha langsung empat rakaat. Ternyata boleh ya...

    ReplyDelete
  13. terima kasih infonya mbak, saya biasanya hanya dua rakaat dan dilanjutkan sesuai kebutuhan, belum pernah empat rakaat langsung

    ReplyDelete
  14. Harusnya memang sholat duha disempatkan sebelum bbuka laptop untuk fokus kerja ya.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam