6/13/2016
22
Blogger Perempuan lagi-lagi bikin event yang kece badai. Alhamdulillah saya berkesempatan untuk ikutan lagi event Blogger Perempuan tersebut dan kebetulan pas weekend, so saya bisa banget ikutan acara blogger jika hari libur kerja. Bertajuk Ngobrol Cantik Blogger Perempuan Facebook Ads For Blogger - How To Drive Traffic To Your Sponsored Post, event ini diselenggarakan pada Sabtu, 28 Mei 2016 lalu tepatnya di Restoran Gokana Sarinah Thamrin.



Dari judulnya saya langsung tertarik. Facebook ads buat meningkatkan traffic blog? Kayaknya ngobrolnya bakalan seru nih ya dan pasti bakalan nambah ilmu, eh plus nambah teman blogger tentunya. Baiklah kalau begitu, saya harus datang!!!

Mau tahu gimana serunya dan ilmu apa yang saya dapatkan di Ngobrol Cantik Blogger Perempuan ini? Simak yuk reportase saya.

Acaranya dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB dan diisi oleh tiga pembicara antara lain dari Involve Asia, Dewaweb, dan Iqbal Maulana (A Facebook Marketing Enthusiast).

Involve Asia - How To Monetize Your Blog

Pembicara pertama dibuka dari pihak Involve Asia.
Involve Asia adalah Affiliate Network yang menyediakan platform sebagai solusi affiliate marketing.

Pasti pada penasaran nih, apa itu Affiliate Marketing?
Affiliate Marketing adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet. Wow... ngomongin duit pasti mata pada ijo hehehe...
Jadi kita mempromosikan produk milik orang lain dan jika terjadi penjualan maka kita akan mendapatkan komisi dari pemilik produk tersebut atau isitilah kerennya Cost Per Sales. 

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing seperti gambar diatas, awalnya Involve Asia bekerja sama dengan pemilik produk. Lalu Involve Asia bekerjasama dengan para blogger untuk memasang iklan pemilik produk tersebut di blog mereka masing-masing  (baik itu berupa resource page, sidebar banners, blog post, dan review produk). Jika ada pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut kemudian melakukan pembelanjaan atas referensi/review kita maka blogger akan mendapatkan komisi dari pembelanjaan yang dilakukan oleh pengunjung blog.

Sekilas kelihatannya gampang ya, tapi untuk menghasilkan uang dari affiliate marketing tentunya butuh komitmen, pengalaman, dan traffic blog yang bagus agar kesempatan untuk mendapatkan pengunjung yang mengklik iklan tersebut lebih banyak.

Affiliate marketing adalah solusi marketing yang memberikan benefit bagi semua pihak yang terlibat didalamnya, dengan kata lain akan menghasilkan kerjasama win win solution antara blogger, pemilik produk, dan pembeli. Blogger senang karena mendapatkan komisi, perusahaan pemilik produk senang karena mendapatkan sales, pembeli senang karena mendapatkan produk yang dicari dan info referensi/review produk yang dibeli.

Menjadi partner platform Involve Asia kita akan mendapatkan banyak keuntungan antara lain : banyak promo mingguan dan bulanan, dashboard dan report yang transparan, cookies berlaku selama 30 hari, dan komisnya sampai dengan 15% loh. 

Bagaimana cara bergabung dengan Involve Asia?

Pertama, daftarkan diri untuk menjadi partner Involve Asia di link ini, lalu pilih Partner Sign Up. Kemudian isi data diri di form yang tersedi, jika telah selesai berikan tanda centang pada "I agree to the terms and conditions" lalu klik tombol Sign Up. Done!!! gampang kan

Halaman Login


Setelah berhasil menjadi partnernya Involve Asia, bisa langsung login dengan memasukkan alamat email dan password. Maka kita akan masuk ke halaman dashboard akun Involve Asia milik kita. Seperti contoh gambar dibawah ini, disitu banyak menu-menu antara lain Offers, Reports, Tools, dan FAQ. Di halaman dashboard juga terlihat data statistik dan penawaran-penawaran produk apa saja yang lagi ready.

Halaman Dashboard

Untuk memulai affiliate marketing, kalian bisa memilih campaign yang tersedia lalu memasang di blog masing-masing. Caranya klik menu Tools, pilih Campaigns & Banners, pilih salah satu banner yang diinginkan, lalu klik Get Link.

Halaman Campaigns and Banners
Lalu copy HTML code yang tersedia ke blog kita, lalu klik Save, Done!!! lihat hasilnya di blog kalian :)

Copy HTML Codenya di blog


Hasil pemasangan banner iklan di blog saya

Gimana, tertarik untuk menghasilkan uang di dunia maya? Buruan deh gabung jadi Partner Involve Asia :)

Dewaweb - Cloud Hosting for Everyone

Setelah obrolan seru tentang Involve Asia dilanjutkan dengan pembicara kedua dari Dewaweb. 
Namanya keren ya! Dewaweb ^^
Btw, apa sih sebenarnya Dewaweb itu?

PT. Dewaweb adalah sebuah perusahaan yang memiliki komitmen untuk menjadi perusahaan paling terpercaya di Indonesia untuk SSD cloud hosting, cloud servers, managed services, domain, dan SSL Certificates.



Dewaweb adalah perusahaan hosting pertama yang mendapatkan izin dari Symantec Corporation untuk mendapatkan sertifikat SSL EV yang sudah digunakan oleh 500 perusahan top. Customernya antara lain : Traveloka, forumjualbeli.com, Indonesia Fashion Week dan masih banyak lagi yang lain.

Dewaweb juga mendukung organisasi non profit (yayasan) yang bergerak dibidang kemanusiaan dengan memberikan layanan cloud hosting secara gratis, sehingga website organisasi tersebut dapat diakses cepat dari seluruh dunia. Wow... salut sama dewaweb.

Btw, yang ga familiar dengan istilah IT pasti bingung dengan istilah-istilah diatas seperti domain, hosting, dan cloud hosting. Biar pembaca tercinta tidak bingung lagi, baiklah akan saya jelaskan.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP Address) server komputer seperti web server dan email server di internet. IP Address kan berupa angka, karena kita bakalan sulit untuk menghafalnya maka lahirlah domain untuk memudahkan kita mengakses ke server. Contoh domain antara lain : .com, .net, .org, dan lain-lain. Jadi intinya domain itu adalah alamat website kita.

Hosting adalah space harddisk dalam komputer server yang digunakan untuk penyimpanan database, email, dan file web. Jadi intinya hosting itu adalah tempat untuk menyimpan data-data website kita. Dalam memilih hosting kita harus lihat dulu spesifikasinya. Berapa space/kapasitas data yang bisa disimpan di hosting tersebut dengan ukuran Megabytes, Gigabytes, atau Terabytes. Selain itu perhatikan berapa besar bandwith atau besarnya kuota data transfer per bulan, jumlah addon domain (banyaknya domain yang bisa ditambahkan ke hosting), jumlah akun email (banyaknya akun email yang bisa dibuat), dan sebagainya.

Cloud Hosting atau hosting awan adalah layanan hosting yang terhubung pada banyak server dimana pengguna tidak perlu khawatir akan kinerja server yang tidak stabil atau sumber daya yang terbatas seperti pada layanan hosting tradisional.

Gimana, sudah ada sedikit pencerahan kan ^^

Dengan menggunakan cloud hosting Dewaweb kita bisa menikmati banyak fasilitas terbaik, antara lain :

  • Total Reliability
  • HTTP/2 Ready
  • Scale on demand
  • Time machine backup
  • Massive capacity
  • Powered by Litespeed Enterprise
  • Multiple cloud locations
  • Fast & friendly ninja support
Dewaweb juga menawarkan cloud hosting untuk personal dan small biz mulai dari Rp. 15.000,-/bulan sampai dengan Rp. 120.000,-/bulan
Ada juga paket untuk corporates or high volume sites mulai dari Rp. 200.000,-/bulan sampai dengan Rp. 1.000.000,-/bulan
Untuk lebih tahu info lengkap tentang paket-paket apa saja yang ditawarkan beserta harganya bisa langsung berkunjung ke website dewaweb.com



Iqbal Maulana - Facebook Ads

Materi terakhir sekaligus materi inti dari Ngobrol Cantik BP yaitu tentang Facebook Ads. Yang menjadi pembicara kali ini adalah seorang anak muda yang muda banget (hehehe... maksudnya saya merasa tua). Iqbal Maulana adalah CEO dari Optima Digital Advertisa adalah sebuah perusahaan digital agency di Indonesia yang bergerak dalam bidang Facebook advertising activation, creative web development, dan digital community.



Sebenarnya Facebook ads bukan hal yang baru bagi saya, dulu... sekitar dua tahun yang lalu saat semangat-semangatnya ber-mlm-an ria, saya menggunakan Facebook Ads untuk mendapatkan rekrutan baru. Alhamdulillah hasilnya memang bagus. Setelah lama tidak mengutak-atik Facebook ads ternyata banyak hal baru yang saya dapatkan dari materi ini. Jadinya upgrade ilmu ^^

Siapa yang ga kenal dengan Facebook? Siapa yang ga punya akun Facebook?
Facebook adalah social media nomor wahid dengan jutaan pengguna, mulai dari anak-anak hingga manula punya akun Facebook. Dan harus diakui Facebook merubah cara kita berkomunikasi saat ini. Dulu kirim pesan mobile pakai SMS, hehehe... sekarang, pesan kita lebih cepat terbaca dan dibalas hanya dengan chatting di Facebook. 

Facebook juga bukan hanya menghubungkan kita dengan teman-teman di masa lalu (teman SD, SMP, SMA, Kuliah, bahkan mantan hehehe.. awas CLBK) tapi juga kita dapat mendapatkan teman baru bahkan jodoh (ini banyak loh terjadi, salah satunya ibu saya yang super gaul dan kekinian, Serius!)

Karena banyaknya pengguna Facebook, ini menjadi peluang promosi yang punya bisnis. Yes, kita dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan hanya dengan share foto-foto barang jualan kita di Facebook (saya juga pernah membuktikan hal ini, karena dulu saya juga jualan online).

"Facebook adalah media sosial yang penuh dengan improvisasi dan inovasi" ungkap mas Iqbal. "Jika bikin konten harus story telling, buat pesan yang bagus, judul yang bagus, dan target yang cocok, jangan spamming message, jangan spamming posting di grup Facebook (jika mau share sesuaikan dengan kategori postingan kita), Facebook sangat tepat untuk melejitkan blog baru". Jelas Mas Iqbal tentang Facebook Marketing Mindset. Jadi kunci dari Facebook Marketing adalah :

The key to social media selling is social, not selling
Social FIRST, Selling SECOND 

Jadi Facebook Marketing adalah  :

  • Facebook Advertising : Pemasangan iklan di Facebook
  • Interest Group : Menarik minat/perhatian orang-orang
  • Friendlist Building : Membangun jaringan pertemanan
Mas Iqbal juga memberikan 5 tips tentang Facebook Marketing untuk para blogger yang ingin mendapatkan traffic yang bagus, antara lain :

1. Perfect Audience : 

Pastikan audience yang dituju sesuai dengan objektivitas bisnis kita. Jadi harus jelas ya target marketnya siapa, jenjang usia target kita, dan apa yang mereka minati   

2. Riding the trends :

Membuat sebuah postingan yang berpotensi viral dengan mengikuti pola trend namun tetap konsisten dengan tema blog

3. Headline is everything :

80% orang click konten karena headline, tanpa headline yang menarik maka tidak akan memancing click (click baiting). Buat headline yang membuat orang penasaran.

4. Thumbnail must be thumb friendly

Intinya gambar thumbnail blog harus dibikin semenarik mungkin, jelas, kontras, dan unik agar meningkatkan rasio antara orang yang melihat dengan yang mengunjungi website

5. Pixel & Custom Audiences

Mempelajari sistem pixel Facebook, setiap visitor menjadi custom audiences yang mudah diiklankan kembali. Retargeting dan segmentasi user agar dapat merubah visitor menjadi data. Nah... berkenaan dengan mengumpulkan audience dan retargeting ini mas Iqbal mereferensikan sebuah tools yang bisa dipakai untuk Facebook ads, nama toolsnya Redience.

Agar bisa beriklan di Facebook, kita wajib punya Facebook Page. Jadi yang belum punya, bikin dulu ya... setelah bikin Facebook pages isi dengan share postingan kita. Mas Iqbal juga menyarankan ada 3 tempat terbaik untuk menaruh iklan di Facebook Pages antara lain : untuk yang menggunakan komputer atau laptop tempat terbaik adalah di bagian tengah dinding Facebook Pages dan di sidebar sebelah kanan, yang ketiga adalah di mobile news feed.



Sebenarnya masih pengen berbagi cara memasang iklan di Facebook Ads, tapi karena sepertinya postingan ini terlalu kepanjangan untuk membahas hal itu, plus saya juga sudah capek dan ngantuk banget dan entar subuh mau bangun sahur so saya memutuskan akan membahas tentang hal itu di postingan saya berikutnya. So... sabar menanti ya!!!


Oke,,, sekian dulu yah sharing dan reportasenya. Semoga bermanfaat mentemen :)







22 comments:

  1. Wiiii, postingannya LENGKAAAPP!
    Asik, aku serasa hadir langsung di venue deh mbaaa

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ^^
      Semoga bermanfaat :)

      Delete
  2. Penasaran jadinya sama tools Redience ini, siapa tau bisa saya coba sendiri. Nice share mba, terima kasih ilmunya bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... sy jg penasaran mbak...
      Terima kasih sdh berkunjung.
      Semoga bermanfaat

      Delete
  3. postingannya mantep mba nunu, makasih ya semua lengkap di ulas saya bisa baca2 dan praktekkin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat :)

      Delete
  4. Ilmu baru nih.
    Enak bacanya, ga puyeng. Hehehee...
    Beruntung banget bisa ikutan acara BP ya.
    Ditunggu sekuelnya ya, mbak.
    TFS. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...
      Terima kasih, semoga bermanfaat ^^

      Delete
  5. Nunu udah pasang involve asia ya?
    layaknya koran, blog juga bisa diiklankan ya... tapi iklan di fb itu kalo gak salah mahal deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah pasang mbak.
      Iya blog juga bisa dipasangin iklan.
      Kalau fb ads terjangkau kok mbak mulai Rp. 10.000 s.d jutaan. Tapi tentu jangkauan pelanggannya juga berbeda.. hehehe... sesuai harga

      Delete
  6. Asyiknya bisa menghadiri acara seperti ini Nu :)

    ReplyDelete
  7. Sebenernya gak masalah kok Mbak mau bahas samapi rinci banget... coz paling demen kalo baca artikel tentang internet marketing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tunggu postingan selanjutnya ya mas :D

      Delete
  8. Muantappp mbak postingannya, mungkin itulah kalimat yang menggambarkan kalau tulisan mbak ini memang demkian, terima kasih ya sudah menjelaskannya sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  9. sangat menarik untuk pembahasan ini, terutama yang gagak dalam mengelola ads google, tentu cra diatas bisa dicoba, mungkin dibawah ane mau coba kali ya

    ReplyDelete
  10. waaaaaaaaa sayaa bookmarked.. bis akhir-akhir ini lagi pengen belajar facebook ads buat jualan kecil-kecilan, tapi bingung.. sempat berapi-api mau belajar tapi keguyur ujan lagi, padam lagii.. heheheh nantiii mau tanya tanyaaa yahh :D ihiyy

    ReplyDelete
  11. Bahas lebih lengkap Facebook Ad nya dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kak vita, sabar menanti ya. Soale lagi mencoba move on dari mudik lebaran nih ^^

      Delete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

Followers

My Community

Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri Photobucket Photobucket
kumpulan-emak-blogger Blogger Perempuan

Blogger Reporter Indonesia

ID Corners