Mudahnya Mengubah Televisi Biasa Menjadi Smart TV dengan Mi TV Stick


Buat kamu pencinta gadget, ayo merapat!

Gabut, galau, gundah, gulana gegara pandemi coronces. Apalagi setelah PSBB total di DKI Jakarta diberlakukan kembali, pembatasan sosial mulai diperketat pastinya ga bisa lagi dong nongkrong syantik di mall sambil menyeruput nikmatnya coffe latte dan sepotong tiramisu. Buat kamu yang saat ini di rumah saja saya pengen nge-racunin hehehehe...

Tenang! ini bukan racun sembarang racun, ini racun yang bisa membuat hidup kamu selama masa pandemi ini terasa lebih menyenangkan. So... saya ingin nge-racunin gadget baru, bentuknya imut-imut mirip flash disk dengan fungsi yang WOW banget. Okey... mulai penasaran kan?

Jadi, beberapa hari yang lalu saya membeli Mi TV Stick hasil diracunin teman kosan saya. Awalnya tuh saya cuma ngobrol-ngobrol tentang beli akun Netflix dari pihak ketiga, kan rame tuh ya di market place para agan-agan pada nawarin. Terus dia bilang "kak mau aku racunin ga?". Akhirnya dia nge-share link Youtube review Mi TV Stick dan hasilnya saya mulai teracuni. Produk dari Xiaomi ini harganya lumayan lah, ngecek di market place sekitaran harga yang ditawarkan beragam mulai dari harga 400rb-an s.d 600rb-an. Awalnya saya masih mikir-mikir lah, soalnya saya juga ga doyan-doyan banget lah nonton siaran TV yang isinya sinetron ga jelas dengan soundtrack yang itu-itu melulu "ku menangissss....membayangkan... betapa kejamnya dirimu....", mending nonton drakor he.... 
Toh kalau pun mau nonton bisa di smartphone

So... saya nungguin teman saya beli dan nyoba duluan, kalau oke baru saya beli. Dan akhirnya teman kos saya beli dan kembali meracuni saya. Wkwkwk... racunnya lebih parah gengs setelah lihat fitur-fitur keren yang ditawarkan Mi TV Stick. Fix, saya pengen beli! Dengan dalih "sayang TV di kamar kosan saya dianggurin" he....
Sebenarnya ga juga sih, selain alasan tersebut saya memiliki beberapa alasan mengapa saya butuh membeli Mi TV Stick.

Finally, saya membelinya di salah satu toko online di JD.ID. Setelah searching di berbagai market place, toko ini yang menawarkan harga paling murah (pada saat saya beli karena lagi promo), review-nya semua positif, dan mendapatkan bintang ★★★★★. Kalau pengen tahu link tokonya silakan komen dibawah atau DM saya di Instagram @nunu.amir

Penasaran kenapa saya jatuh cintrong dengan gadget satu ini? Cekidot!


Smart TV dan Mi TV Stick

Dari tadi saya nyebutin Smart TV melulu, mungkin ada yang belum tahu Smart TV itu seperti apa. Jadi Di era digital seperti saat ini televisi yang dulunya hanya bisa dinikmati dengan mengandalkan antena ataupun parabola kini televisi bisa terkoneksi dengan internet yang memungkinkan bisa mengakses berbagai layanan online seperti streaming video, film, serial, dan musik, pesan instan, dan sosial media. So dengan Smart TV kita bisa mengakses aplikasi streaming seperti Youtube, Netflix, Spotify, Vidio, dan bisa buat main games juga loh.



Mi TV Stick adalah produk pintar terbaru dari Xiaomi yang baru rilis di Indonesia. Mi TV Stick adalah sebuah perangkat portable yang mampu menyulap televisi biasa menjadi Smart TV. So... kalau belum mampu membeli Smart TV yang harganya lumayan mehong, cukup pake televisi yang ada di rumah saat ini dan colokin deh Mi TV Stick, simsalabim.... jadi deh Smart TV. Eitss... dengan catatan televisi tersebut punya port HDMI dan terdapat koneksi WiFi.

Unboxing Mi TV Stick

Kotaknya imut warna orange gitu didalam box-nya terdapat satu unit Mi TV Stick, remote, adaptor daya beserta kabelnya, kabel HDMI, dan buku petunjuk penggunaan.





Colokan Mi TV Stick berjenis HDMI, jadi seperti yang saya bilang sebelumnya tinggal dicolokin ke port HDMI televisi biasa. Mi TV Stick mendukung resolusi gambar FHD (1080 piksel) sehingga gambarnya jernih, selain itu TV Stick imut ini dilengkapi dengan RAM 1 GB dan memory 8 GB sehingga kita bisa menyimpan aplikasi hasil unduhan dari Google Play Store.


Remote-nya slim dan minimalis gaes cuma ada 14 tombol dimana terdapat tombol agar bisa langsung mengakses Netflix dan Prime Video, selain itu juga terdapat tombol Google Assistant. Remotenya ini perlu baterei AAA, so beli dulu ya soalnya ga include di box-nya.

Cara Instalasi

Cara instalasi Mi TV Stick ini cukup mudah yaitu : 

  • Colokin port micro USB ke Mi TV Stick;
  • lalu Mi TV Sticknya dicolokin ke port HDMI yang ada di televisi;
  • untuk powernya USB ke port USB yang ada di televisi;
  • Tekan tombol power yang ada di remote, untuk instalasinya ikuti saja petunjuk yang tampil di layar TV;

Fitur Casting atau Mirroring


Selain kita bisa nonton sepuasnya, Mi TV Stick punya fitur Casting atau mirroring. Dengan fitur casting ini kita bisa konekin dengan smartphone untuk mengontrol langsung dari gawai. Jadi misalnya pengen nonton Youtube, kita bisa pilih channel-nya langsung dari handphone maka pilihan tersebut bisa tampil di televisi. Selain casting di handphone bisa juga casting di laptop dengan menggunakan browser Google Chrome.

Harga Mi TV Stick

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, saya belinya dengan harga yang lumayan murah jika dibandingkan dengan toko lain. Harga awalnya tuh Rp. 689.000,- lalu promo sehingga harganya jadi Rp. 475.000,- karena saya pake JD.ID saya dapat voucher Rp. 10.000,- jadi sisa Rp. 465.000,- dan free ongkir bo! Murce kan! Silakan bandingin di toko lain.


Yeay!!! Dan Alhamdulillah sekarang saya puas nonton drakor di layar yang lebih gede, saya bisa akses aplikasi Vidio untuk nonton siaran TV Nasional lagi seperti nonton berita di pagi hari, bisa dengarin musik di Spotify, nonton youtube, main games dan banyak lagi. Yeay... biar ga bete banget kalau harus #dirumahsaja selama masa pandemi ini. 

Dengan Mi TV Stick, nikmati televisi rasa android 😉.

25 comments :

  1. Bulan lalu saya sempat tergiur beli produk seperti ini di salah satu market place. Eh ternyata KW. Alhamdulillah bisa dibalikin krn memang tdk berfungsi dan saya menyertakan video unboxingnya. Uang kembali dan ongkir pengiriman kembali diganti. Ongkir pengiriman pas pembelian sih gk ada krn memang bebas ongkir. Sekarang masih mikir2 lagi buat beli. Yah walaupun duit dri yg kemarin dibalikin, tapi prosesnya lumayan lama. Ini ori atau Kw sih xiaomi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah ori kak vita. Alhamdulillah dr awal sd skrg bs berfungsi dgn baik sd skrg. utk yg elektronik saran sy pake JD.ID

      Delete
  2. Haduuhh racuun bngt ini mba Nunu

    Aku juga mupeng buat beli. Mayan kan bisa zumba atau pilates modal ngeYoutube. Trus gambarnya gedee karena connect d TV

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, salah satu alasan saya beli biar bisa nonton di layar yang lebih gede

      Delete
  3. Ahh yaa, di rumah mertua saya pakai ini juga. Biasanya dikuasai bocah-bocah buat nonton Youtube. Wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwk.... iya mba benar. jd lbh asyik nonton youtube-nya

      Delete
  4. Aaaah, rekomended banget sih ini ya. TV biasa programnya cape2 bgt, kalo bisa dikonekin ke Ytube bisa jadi lebih asyik nontonnya.

    ReplyDelete
  5. Ahhhh sumpah mb mupeng banget aku bacanya asik banget yaaa MI TV Stick ini, bener-bener deh yaa teknologi canggih terus berkembang, dulu aku pernah kepikiran bisa ga sih hp konek jaringannya ke TV skrg see, kereenn banget mb mupeng beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe skrng terwujudnya mba. Kedepan akan lbh canggih lagi

      Delete
  6. Beneran deh racun hahaha. Harganya terjangkau tapi hasil tang di dapat oke punya ya mbak. Bisa nonton film drama indonesia juga nih kesukaan ku hihi, yang pasti lebih nyaman karena layarnya tv lebih lebar jadi gak bikin sakit mata. Secara aku gak tahan kalau lama2 nonton film via hp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, kita jd lbh nyaman nontonnya kalau pake MI TV Stick

      Delete
  7. Smart TV dan Mi TV Stick ya, noted. Bagus juga nih soalnya anak2 pasti seneng banget video karyanya (kayak Gatcha2 live gitu) bisa tayang di TV hehe... Nice share Mbak Nunu..makasih artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba, smoga artikel ini bermanfaat

      Delete
  8. Mbakkkk aq jadi beneran teracun nih ngobrol sama suamiku rayu2 siapa tahu dibeliin. DM IG aq dong mbak link belinya di mana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, IGnya apa ya mba? tadi sdh sy japri WA sih

      Delete
  9. Kalau pakai Mi Tv Stick itu langsung nyambung Netflix gitukah? Atau masih kudu bayar lagi ke Netflix? Kualitas gambarnya pakai itu jernih ya, Mbak? Penasaran 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mba, harus beli akun netflix jg mba. Murah kok, utk 1 gadget ada yg 50.000/thn. Oh ia kualitas gambarnya jg sdh oke full HD

      Delete
  10. Mi tv ini apa dari xiaomi ya mbak? Keren nih. Jadi ikutan keracun gara-gara baca ini. Aduh. Tahan-tahan. Duit ditabungan jangan ditransfer ke JD.ID ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, mereknya xiaomi. Hehehe ayo beli mba

      Delete
  11. Iya nih Mba Nunu, kalau beli smart TVnya mehong euy. Di rumah sudah ada tv biasa, tinggal dikasih Mi TV Stick ini aja ya. Bisa ngelihat youtube pake layar gede banget nih, asyiikk...

    ReplyDelete
  12. wuah masih satu keluarga sama hape xiaomi ya
    pengen punya deh
    1 di rumah aja
    untuk menemani hari2ku hohoo

    ReplyDelete
  13. Wahhh tipi saya terlanjur pake parabola udah lama. Baru sekarang tahu kalo ada Mi TV Stick ini. Mau saya pelajari lebih lanjut ah siapa tahu jauh lebih efektif dan efisien pake ini.

    ReplyDelete
  14. Wah, aku naksir. Kebetulan TV di kamar TV biasa aja, jadi kalau lagi mager keluar kamar anak-anak ya kruntelan nonton acara tv lokal yang suka nggak jelas. Kalau pakai Mi TV Stick ini bisa nonton youtube atau Netflix di kamar yah.

    ReplyDelete
  15. Saya agak2 tertinggal info.. netflix hanya bisa dibuka di smart tv ya? Nggak bisa di laptop biasa?
    N ini bisa nyambung catch play dan apa tuh yang dari Disney? Kebetulan kemarin ada yang tanya itu ke saya

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam

My Instagram

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates