Kamu Lupa Nomor BPJS Ketenagakerjaan? Ini 3 Cara Mengeceknya Yang Mudah Dan Aman



Tahukah kamu ternyata cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan itu sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara online? Bahkan, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan NIK KTP.

Apakah sekarang kamu lupa berapa nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTKU) milikmu? Lupa nomor BPJS Ketenagakerjaan memang akan sangat merepotkan, apalagi jika secara tiba – tiba kamu membutuhkannya.

Nomor kepesertaan bisa dibilang penting, salah satunya adalah saat kamu nanti ingin mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Selain itu juga untuk memastikan apakah nomor kepesertaan tersebut masih aktif atau tidak.

Namun sayang, banyak orang yang lupa dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Bahkan, terdapat sejumlah kasus, dimana ada kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sampai hilang. Nah, jika kamu mengalami hal seperti itu, tenang tidak perlu cemas dan bingung. Karena kamu masih bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui berbagai cara.

Bahkan, ada cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP. Daripada penasaran, simak 3 cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang mudah dan aman dibawah ini :

1.     Konfirmasi Ke HRD Perusahaan

Cara pertama untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menghubungi HRD perusahaan. Cara ini berlaku bagi kamu yang bekerja di suatu perusahaan dan sudah terdaftar pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Cara mengeceknya mudah, kamu hanya perlu mengonfirmasinya ke HRD perusahaan. Selain mengecek nomor KPJ, kamu pun bisa meminta kembali pencetakaan kartu BPJSTKU. Cara ini bisa dilakukan untuk mengecek no BPJS Ketenagakerjaan yang hilang.

Namun, kartu BPJSTKU saat ini sudah berupa digital dan bisa dicetak jika dibutuhkan.


2.     Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Via Aplikasi

Cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya adalah melalui aplikasi dan cara ini yang paling banyak digunakan. Untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi ini, kamu hanya perlu mengunduhnya di ponsel.

Selain nomor kepesertaan, melalui aplikasi juga kamu bisa mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan dan informasi lainnya. Aplikasi BPJSTKU ini sudah tersedia di Android dan iOS.

Adapun cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi adalah sebagai berikut :

·       Pertama – tama, unduh dulu aplikasi BPJSTKU pada ponsel.

·       Jika sudah terunduh, buka aplikasi.

·       Lalu, klik Login.

·  Selanjutnya input alamat email dan kata sandi yang sebelumnya digunakan untuk mendaftar BPJSTKU.

·       Jika belum, daftar terlebih dahulu.

·       Kemudian login.

·       Pada menu, silahkan pilih kartu digital.

·       Setelah itu nomor BPJS Ketenagakerjaan akan muncul pada kartu digital berupa 11 digit angka.

3.     Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Via Situs Resmi

Cara cek no BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya secara online melalui situs resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Cara ini mudah dilakukan, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi dan bisa untuk kepesertaan mandiri. Pastikan kamu sudah benar – benar hapal alamat email dan password yang didaftarkan sebelumnya. Cara ini juga bisa digunakan untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang.

Adapun cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui situs resmi adalah sebagai berikut :

· Kunjungi dulu situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau langsung saja klik sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

·       Kemudian masukkan alamat email dan password yang sebelumnya sudah didaftarkan.

·       Selanjutnya klik “Saya bukan robot” atau recaptcha.

·       Lalu, pilih login.

·       Silahkan cek kartu digital.

·       Tidak lama setelah itu akan muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan.

 

 

10 comments

  1. ternyata mudah ya cara cek nomor bpjs nya. jadi nggak perlu resah dan bingung kalau kita lupa nomor bpjs. disini juga dijelaskan turorialnya secara detail juga. jadi makin mudah deh

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata KLO mau cek nomor BPJS ketenagakerjaan itu cukup mudah ya mbak
    Makasih sudah menuliskannya

    ReplyDelete
  3. Wah, tulisan yang sangat membantu. BPJS Ketenagakerjaan sama BPJS Kesehatan itu beda kan? Meski layanan sama? Aku pengguna setia BPJS soalnya

    ReplyDelete
  4. Oh, sebenarnya caranya cukup mudah dan praktis yaa..
    Ketika lupa nomer BPJS tinggal menghubungi website terkait.
    Semoga inget juga email beserta password yang didaftarkan.

    ReplyDelete
  5. Bener nih, Mbak. Dulu zaman masih bekerja di perusahaan, blas saya gak hapal no peserta Jamsostek (dulu masih pake itu). Harus tanya ke staff HRD dulu.
    Sekarang, tetap jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan emang bisa cek pake no KTP. Kalo no KTP sih saya hapal :) Semakin mudah deh sekarang

    ReplyDelete
  6. Sejujurnya aku bukan pengguna bpjs tenaga kerja tapi ini akan jadi referensi buatku.

    Makasih y mbak postingannya. Kadang aku suka bingung dan tulisan seprti ini sangat membantu

    ReplyDelete
  7. Informasi nya sangat membantu kak apalagi suami saya juga seorang karyawan yang tentunya nomor ini cukup penting. Lebih mudah ya karena bisa melakukan pengecekan di mana saja melalui website resmi

    ReplyDelete
  8. aku juga kayaknya nggak hapal nih sama nomor bpjs ketenagakerjaanku. heu. padahal harusnya kita hafal atau paling nggak simpan nomornya di hape ya biar kalau ada apa-apa gampang ngurusnya

    ReplyDelete
  9. Paling mudah cek nomor bpjs via aplikasi sih ya. Atau kalau aku, waktu belum punya kartu cetaknya kutulis sendiri di kertas biasa dan kuselipkan dalam dompet. Dulu perlu waktu mau bayar iuran ke kantor pos. Sekarang mah sudah mudah, via aplikasi tertentu saja dan nomor bpjs sudah tercatat otomatis di sana.

    ReplyDelete
  10. Mbak Nunu ngerti aja aku suka lupa nomer BPJS, saking jarang dipake juga... tapi aku simpan semua nomor penting di kontak hape jg sih biar mudah karena kalau hape kan pasti dibawa-bawa. Sekarang juga mudah ya bisa via aplikasi.

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam