Makanan Tradisional Indonesia yang Mendunia



Pengertian makanan tradisional adalah makanan yang diolah dari bahan pangan hasil produksi setempat, dengan proses yang dikuasai masyarakat setempat. Hasil dari makanan tradisional berupa produk dengan cita rasa, bentuk serta cara makannya menjadi ciri suatu kelompok masyarakat. Untuk sebagian masyarakat, makanan tradisional juga menjadi kebanggaan akan daerah kelahirannya. Karenanya, bisa dikatakan bahwa, makanan tradisional merupakan hidangan yang resepnya diwariskan secara turun temurun atau telah dikonsumsi bertahun-tahun.

Indonesia kaya akan makanan tradisional yang tekenal lezat dan beragam. Di setiap daerah Indonesia masing-masing memiliki makanan khasnya sendiri. Mungkin saja di setiap daerah memiliki banyak makanan khas, namun ada beberapa yang popular baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Makanan Tradisional Indonesia yang Populer

·       Rendang

Rendang merupakan makanan tradisional Indonesia asal Sumatera Barat. Rendang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri. Olahan daging yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Sumatera Barat ini adalah salah satu menu yang wajib ada di setiap rumah makan. Rasanya sangat menggugah selera, enak dan lezat.

·       Gudeg

Gudeg merupakan makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Yogyakarta. Gudeg terbuat dari nangka yang dimasak dengan santan. Proses pembuatan gudeg cukup lama, yakni sekitar 18-24 jam. Hal ini dilakukan agar bumbunya menyatu dan bisa mendapatkan rasa manis yang nikmat

·       Rawon

Rawon merupakan makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Rawon adalah berupa sop daging yang kuahnya berwarna hitam. Kuah hitamnya ini terbuat dari sejumlah bumbu dan rempah bernama kluwek. Rawon telah berhasil dinobatkan sebagai sup terenak se-Asia di tahun 2020 versi TasteAtlas. TasteAtlas sendiri merupakan situs yang membahas tentang kuliner di seluruh dunia.

·       Soto Banjar

Soto Banjar adalah makanan tradisional Indonesia asal Kalimantan Selatan. Bahan utama dari soto Banjar adalah ayam yang beraroma remaph-rempah seperti kayu manis, biji pala dan juga cengkeh.

·       Mie Aceh

Seseuai dengan namanya, mie Aceh adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Aceh.  Mie ini memiliki bahan utama mie kuning atau nie telur. Pada umunya, Mie Aceh disajikan dengan potongan daging kambing atau sapi, meskipun ada juga yang dikombinasikan dengan kepiting, udang dan cumi.

·       Papeda

Papeda merupakan makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Papua. Papeda terbuat dari tepung sagu, yang biasanya disantap bersama kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit serta jeruk nipis.

·       Gulai Belacan

Gulai belacan adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Riau. Gulai belacan terbuat dari kuah campur belacan atau terasi, biasanya bahannya menggunakan udang atau ikan.

·       Gulai Ikan Patin

Gulai patin adalah makanan khas daerah Jambi di Indonesia. Gulai ikan patin berbeda dengan gulai pada umunya. Gulai khas Jambi ini dimasak dengan tempoyak sebagai bumbu utamanya sehingga rasanya pun menjadi unik karena terdapat campuran durian di dalam gulai.

·       Ayam Betutu

Ayam betutu adalah makanan tardisional Indonesia yang berasal dari Bali. Ayam betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam utuh, berisi bumbu khusus kemudian dipanggang di dalam api sekam.

·       Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan makanan tradisional Indonesia asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bahan dasar ayam taliwang adalah ayam yang disajikan dengan bumbu-bumbu seperti cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula jawa dan garam.

Itulah berbagai makanan tradisional Indonesia yang mendunia, apakah kamu sudah pernah menyantap semua menu di atas?

14 comments

  1. Makanan tradisional Indonesia sungguh menggoda, rasa khas Nusantara dengan bumbu rempah dan asli beneran sulit dilupakan dan bikin nambah lagi dan lagi hihih
    Di antara yang di list ini saya belum pernah makan Gulai Belacan dan Papeda.

    ReplyDelete
  2. Rendang selalu nomor 1 sih, yang approve juga bukan cuma orang Indonesia aja, orang luar aja terkagum-kagum sama cita rasanya 😋

    ReplyDelete
  3. Makanan tradisional Indonesia memang cita rasanya selalu jadi juara. Setiap olahannya kaya akan rempah-rempah yang meciptakan rasa makanan yang super nikmat yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga masakan tradisional indonesia jarang bahkan sulit ditemui dinegara lain.

    ReplyDelete
  4. Dari semua yang disebutin, belum ngerasainpapeda sama gulai belacan. Tapi kalau rendang mah emang selalu di hati. Gudeg juga, wah jadi kangen Jogja istimewa.

    ReplyDelete
  5. Whuah, makanan enak semua tuh yang disebutkan di atas. Kalau keluar negeri aku bakal rindu dengan semua makanan di atas. Mana susah nyarinya kan lagi di luar negeri. Bersyukurlah kita tinggal di Indonesia dengan kulinernya yang enak2.

    ReplyDelete
  6. Hwaa baca ini malem2 auto laperr. ayam taliwaangg, apalagi. apakah besok aku harus menemukannya demi mengembalikan nafsu makan yg sempet turun? hahaha

    ReplyDelete
  7. Kangen masakan Indonesia bikinan Ibu.
    Rendang..bumbunya ini kudu berani dan masaknya kudu lama.

    Gudeg juga bikin kangeeen..
    Makanan tradisional Indonesia, juara~

    ReplyDelete
  8. Saya pecinta makanan tradisional. Makanan yang belum saya cicipi itu papeda sama mie Aceh. Penasaran banget. Gulai Belacan juga belum pernah.

    ReplyDelete
  9. Ahh bangga ya mbak
    Ternyata banyak makanan khas Indonesia yang disukai oleh orang orang mancanegara

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah ada soto banjar di daftar di atas. hehe. beberapa makanan sudah pernah saya coba tapi ada juga yang belum kayak ayam betutu dan ayam taliwang itu. penasaran gimana rasanya

    ReplyDelete
  11. Awalnya saya nggak suka gudeg, padahal orang Jogja. Haha. Tapi setelah bapak nggak ada jadi suka aja pengen makan gudeg karena makanan kesukaan beliau. Kalo jalan-jalan keluar negeri pun yang dikangenin dari Indonesia itu makanannya. Hehe..

    ReplyDelete
  12. Hampir semua dari daftar di atas pernah ngicip, Mb Nunu. Enak-enak semuaaa... masakan Indonesia juara banget lah, bumbunya selalu istimewa di lidah. Rendang tuh salah satu favoritku.

    ReplyDelete
  13. kesukaanku rawon mba, apalagi rawon Suroboyo yang pedas :) mantap deh diguyur banyak sambal. Kalo keluar kota yang dicari ada rawon nggak hehe

    ReplyDelete
  14. Sepertinya saya belum familiar dengan papeda. kalau yang lainnya saya sudah pernah mencicipi dan enak semua. Indonesia kaya sekali dengan masakannya ya mbak. Dan semua cocok di lidah bahkan orang mancanegara pun cocok

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam