Cara Daftar Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP Afirmasi Disabilitas




Halo semuanya!

Pengen lanjutin lagi nih postingan tentang Beasiswa LPDP Afirmasi Disabilitas. Oke kali ini pengen share tentang proses seleksi di LPDP. Jadi tahun 2022 ini  untuk beasiswa penyandang disabilitas proses seleksinya berbeda dengan beasiswa reguler dan targeted. Seleksinya ada dua yaitu seleksi Administrasi dan seleksi substansi. Menurut info dari senior-senior nih, persyaratan dan proses seleksi LPDP bisa beda-beda tiap tahunnya. Kalau tahun lalu tuh proses seleksinya ada seleksi tes bakat skolastik.

Oke, kita langsung saja ya. 

Daftar Akun 




Buat daftar seleksi administrasi LPDP pertama-tama teman-teman harus Daftar Akun dulu, caranya sebagai berikut:
  1. Klik link berikut Beasiswa LPDP - Site (kemenkeu.go.id) 
  2. Pilih LPDP (Beasiswa LPDP) - Afirmasi, Targeted, dan Umum Dalam Negeri dan Luar Negeri
  3. Lalu klik tombol Masuk
  4. Jika teman-teman belum punya akun LPDP, buat akun dulu ya. Caranya pilih pilihan. Belum punya akun? Buat Akun Disini
  5. Setelah itu teman-teman akan diarahkan ke halaman Daftar Akun. Silakan teman-teman isi form yang telah disediakan lalu klik tombol Buat Akun. Oh iya, pastikan KK dan KTP teman-teman sudah terdaftar di Dukcapil setempat ya. Pengalaman saya kemarin, proses pembuatan akun-ku terhambat karena KTP saya belum update di Dukcapil. Setelah lapor ke Dukcapil, coba daftar akun lagi, Alhamdulillah bisa daftar
  6. Jika sudah selesai Daftar Akun, silakan silakan teman-teman coba login.

Input Data Diri

Setelah login teman-teman akan diarahkan untuk mengisi data diri, data media sosial, pendidikan terakhir, dan data keluarga. Jika semuanya sudah diisi lengkap dan benar, teman-teman sudah bisa nih untuk daftar beasiswa. 

Cara untuk daftar beasiswa adalah klik menu Beasiswa (Posisinya di bagian kiri atas layar). Setelah itu teman-teman akan diarahkan ke halaman Daftar Beasiswa. Di halaman tersebut terdapat informasi berbagai pilihan program beasiswa dari LPDP. Silakan tekan tombol Daftar 

Setelah itu teman-teman diwajibkan untuk upload foto terlebih dahulu. Foto yang di upload harus sesuai dengan ketentuan yang diminta oleh LPDP ya. Terkait ketentuan foto yang akan diupload sudah terinfo di halaman tersebut. Kalau sudah upload jangan lupa centang pada tulisan "Dengan ini saya menyatakan bahwa..." Lalu klik tombol Daftar Beasiswa

Daftar Beasiswa

Langkah 1

Di langkah pertama ini teman-teman akan diminta untuk mengisi Alamat Saat Ini, Kota/Kabupaten Saat Ini, Kode Pos Saat Ini, Apakah Anda Seorang CPNS/PNS/TNI/Polri? Setelah diisi semuanya, klik tombol Berikutnya.

Langkah 2 

Langkah selanjutnya adalah teman-teman akan menginput apakah teman-teman sudah punya LoA atau tidak, dan memasukkan program Beasiswa. Misalnya Program Magister Dalam Negeri Beasiswa Penyandang Disabilitas. Setelah diisi semuanya, klik tombol Berikutnya.

Langkah 3

Langkah ketiga, teman-teman harus mengisi Rencana/Periode Perkuliahan. Silakan baca website LPDP ya tentang periode perkuliahan tercepat. Misalnya kalau pendaftaran tahap 1 kemarin, periode perkuliahan tercepat yaitu Agustus 2022. Setelah diisi, klik tombol Berikutnya.

Langkah 4

Langkah keempat, teman-teman akan diminta untuk mengisi sektor, subjek, bidang keilmuan, dan sub bidang keilmuan. Sesuaikan dengan program studi yang ingin teman-teman tuju. Setelah diisi, klik tombol Berikutnya.

Langkah 5

Langkah kelima, teman-teman akan diminta untuk perguruan tinggi dan program studi prioritas 1, 2, dan 3. Setelah diisi, klik tombol Berikutnya.

Langkah 6

Langkah keenam, teman-teman akan diminta untuk memilih lokasi seleksi dan pertanyaan terkait apakah teman-teman sedang mendaftar, akan menerima, atau sedang menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi doble funding.  Setelah diisi, klik tombol Daftar.

Penilaian Diri 

Strong Point

Setelah teman-teman daftar, maka akan dilanjutkan ke halaman berikutnya yaitu mengisi Penilaian Diri.
Hal pertama yang diminta adalah menyebutkan kekuatan/kelebihan (strong point) yang dimiliki. klik tombol Tambah Baru. Silakan diisi ya disesuaikan dengan kepribadian teman-teman. Pada bagian ini bisa diisi lebih dari satu kelebihan, caranya cukup klik tombol Tambah Baru jika ingin menambahkan kelebihan

Weak Point

Pertanyaan berikutnya teman-teman akan diminta menyebutkan kekurangan/kelemahan (weak point) yang dimiliki. Tips mengisi bagian ini sebaiknya sebutkan kelemahan/kekurangan yang bisa jadi kekuatan. Contohnya sesekali timbul rasa minder karena suara saya yang agak sengau sehingga sedikit menghambat dalam masalah komunikasi. Tetapi jika rasa minder tersebut datang saya mencoba untuk memotivasi diri dan berusaha tampil percaya diri. Silakan diisi sesuai kepribadian masing-masing ya. Jika ingin menamhkan weak point silakan klik tombol Tambah Baru.

Beasiswa Sebelumnya

Pertanyaan berikutnya adalah Pernahkah mendapat beasiswa sebelumnya dan sebutkan beasiswa tersebut. Jika teman-teman dulu waktu sekolah ataupun kuliah pernah dapat beasiswa, silakan diisi ya. Jika tidak pernah di skip saja pertanyaan ini.

Pengalaman Pekerjaan/Berorganisasi/Pendidikan

Pada bagian ini teman-teman akan diminta menceritakan secara singkat
  • Pengalaman membanggakan
  • pengalaman kurang membanggakan. Tips pada saat mengisi pengalaman kurang membanggakan sebaiknya teman-teman menceritakan pengalaman tersebut tetapi ditambahkan juga cara mengatasinya. 
  • Apa hal terakhir yang anda ajarkan pada diri sendiri?
  • Kesalahan yang pernah dilakukan saat belajar/bekerja. 
  • Tugas diluar ruang lingkup yang seharusnya
  • Pembeda dari peserta lainnya 
Tentunya berbagai hal diatas tiap orang berbeda-beda ya pengalamannya. Setelah selesai mengisi, klik Berikutnya

Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan 

Di halaman berikutnya teman-teman akan mengisi terkait riwayat pendidikan dan pekerjaan. Untuk jenjang pendidikan silakan diisi dengan urutan dari tahun terbaru di urutan paling atas dan terlamaa di urutan paling bawah. Jadi isinya mulai S1, SMA, SMP, dan SD. Jika ingin menambah, klik tombol Tambah Baris. Jika ingin menghapus klik tombol Hapus Baris. Dan tombol Tautan Pengajuan Penyetaraan Ijazah dan Konversi IPK ini khusus untuk lulusan S1 luar negeri.
Begitu pun dengan pekerjaan, jika punya silakan teman-teman urutkan juga berdasarkan tahun terbaru. 

Pengalaman Organisasi

Di halaman ini teman-teman akan diminta mengisi pengalaman organisasi selama SMP, SMA, Perguruan Tinggi, dan Organisasi di Luar Perguruan Tinggi/Kegiatan Sosial Masyarakat. 
Silakan diisi ya sesuai pengalaman organisasi teman-teman.

Informasi Lainnya

Di halaman ini teman-teman akan diminta untuk mengisi informasi terkait prestasi lain yang diunggulkan, Bahasa Asing yang dikuasai, Pengalaman Pelatihan/Workshop, Pengalaman Riset, Karya Ilmiah : Buku/Jurnal/Makalah, Konfrensi dan Seminar, Penghargaan. 

Dokumen

Di halaman ini teman-teman akan diminta untuk mengunggah berbagai dokumen seperti Ijazah S1, Transkrip Nilai S1, Sertifikat Bahasa Asing yang dipersyaratkan dan masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk, Surat Rekomendasi dari Tokoh Masyarakat/Akademisi, Surat Keterangan Disabilitas, Surat Usulan dari Pejabat Eselon II/setara yang membidangi SDM(Khusus untuk PNS/TNI/Polri).

Setelah upload di bagian bawahnya ada area dimana teman-teman bisa menuliskan essai. Jadi essainya tidak di upload ya, tapi langsung diisi di website LPDP. Tipsnya jika ingin menuliskan essai, sebaiknya ketik dulu di word nanti kalau sudah selesai silakan copas di websitenya LPDP.


Submit Pendaftaran

Setelah terisi semuanya, silakan teman-teman submit. Di halaman submit pendaftaran akan ada ringkasan formulir, dibawahnya ada tombol Pernyataan Beasiswa Indonesia, lalu klik tombol Setuju.


Oh iya, karena isiannya ini banyak banget ya, jangan lupa sering-sering di simpan ya. Bisa dicicil kok ngisinya.


Oke sekian dulu ya. Semoga bermanfaat ^^


 















0 comments

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam