10 Penyebab Umum Mual Yang Mudah Dikenali




Mual merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan kondisi ketidaknyamanan di bagian perut dan dan sensasi seperti ingin muntah.

Kondisi tersebut bisa dialami oleh semua rentang usia, baik anak – anak atau kelompok orang lanjut usia (lansia). Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mual seperti beberapa orang mungkin sangat sensitif dengan gerakan tertentu, makanan, obat – obatan, atau efek kondisi medis tertentu.

Untuk informasi lebih lengkap, berikut 10 penyebab mual yang umum dan bisa dikenali dengan mudah :

1. Heartburn Atau Penyakit Gastroesophageal Reflux (GERD)

Sebagaimana dilansir dari Health Line, heartburn atau penyakit GERD bisa mengakibatkan naik kembali isi perut ke kerongkongan saat penderitanya makan. Kondisi tersebut bisa memicu sensasi terbakar yang menyebabkan mual.

2. Infeksi Bakteri Atau Virus

Penyebab mual selanjutnya adalah karena bakteri atau virus yang bisa mempengaruhi lambung. Bakteri bawaan makanan bisa mengakibatkan penyakit yang dikenal dengan istilah keracunan makanan. Infeksi virus pun bisa menjadi penyebab mual.
 

3. Efek Samping Obat


Mengonsumsi obat – obatan tertentu seperti contohya pengobatan untuk kanker (kemotrapi) bisa menyebabkan perut sakit atau membuat mual.

Karena itu, pastikan untuk membaca terlebih dahulu dengan cermat informasi mengenai pengobatan untuk setiap perawatan baru yang mungkin akan digunakan. Dengan membaca informasi ini dan konsultasi dengan dokter mengenai obat dan perawatan apapun yang akan diterima bisa membantu mengurangi mual terkait pengobatan.
 

4. Mabuk Perjalanan Atau Mabuk Laut

Mabuk perjalanan atau mabuk laut bisa terjadi akibat kendaraan yang bergerak tidak rata. Gerakan tidak rata tersebut akan membuat pesan yang dikirimkan ke otak tidak selaras dengan indera sehingga menyebabkan mual, pusing, atau muntah.
 

5. Pengaruh Pola Makan

Makan berlebihan atau mengkonsumsi makanan tertentu juga seperti makanan pedas atau tinggi lemak bisa menyebabkan gangguan perut dan membuat mual. Mengkonsumsi makanan yang menyebabkan seseorang alergi juga bisa membuat mual.
 

6. Mengalami Nyeri Hebat

Penyebab gejala mual lainnya adalah karena rasa sakit atau nyeri yang hebat. Hal ini berlaku untuk kondisi yang menyakitkan misalnya pankreatitis, batu empedu, atau batu ginjal.
 

7. Luka Di Lambung

Penyebab mual selanjutnya adalah karena luka di lambung atau ulkus atau selaput usus kecil. Saat penderitanya sedang makan, maka luka di organ lambung atau selaput usus kecil akan menyebabkan sensasi terbakar dan mendadak mual.
 

8. Kondisi Medis Lain

Beberapa kondisi medis lain juga merupakan penyebab gejala mual antara lain Vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV), Infeksi Telinga, Serangan Jantung, Penyumbatan Usus, Gagal Hati atau Kanker Hati, Meningitis, dan Migrain.
 

9. Kecemasan

Kecemasan juga menjadi penyebab umum gejala mual. Sebagaimana dilansir dari Health, ketika seseorang sedang berada dalam pergolakan serangan panik, maka tubuhnya akan beralih ke mode ‘lawan atau lari’.

Adrenalin juga dipompa ke aliran darah sebagai persiapan tubuh untuk melawan ‘musuh’ yang terlihat atau berlari dengan cepat. Sementara itu, fungsi tubuh seperti pencernaan akan terhenti yang mengarah kepada akumulasi racun tertentu di dalam tubuh. Hingga akhirnya, sinyal kimiawi akan mencapai otak lalu menciptakan sensasi mual.
 

10. Kehamilan

Penyebab mual yang terakhir adalah akibat kehamilan. Saat sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim, maka tubuh akan memproduksi Hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Hormon tersebut diduga menjadi penyebab mual.

Sehingga, kemunculan rasa mual bisa menjadi tanda awal kehamilan, dimana tubuh sedang memproduksi hormone HCG yang memang dibutuhkan untuk kehamilan.

13 comments

  1. No. 9 kecemasan yang sering saya alami. apalagi saat banyak kerjaan yang ada keterangan "segera". udah deh hbs itu kerasa perutnya ga enak...

    ReplyDelete
  2. Pas banget artikelnya, kak Nunu.
    Kemarin anakku muntah-muntah, sampai gak bisa makan dan yang dimuntahin hanya air. Kemungkinan bakteri dari makanan yang dimakannya yaa.. Karena di sekolah abis jajan.

    Semoga tanda-tanda mual ini bisa dikenali sehingga mendapatkan perawatan yang sesuai dengan penyakitnya.

    ReplyDelete
  3. Nah iya, kalau mual mesti diketahui dulu penyebabnya apa...Karena bisa beda- beda . Kalau saya seringnya GERD, telat makan, banyak pikiran, naik deh asam lambungnya hiks

    ReplyDelete
  4. Benerrrr bgt mba Nunu
    Apalagi part ibu hamil tuh
    Kayanya nyaris semua Bumil pernah mual dah

    ReplyDelete
  5. Seringnya karena pengaruh pola makan yg ga teratur kalo saya, ternyata cemas juga bisa merangsang mual Yaa, perlu manajemen qolbu yg bagus kalo gitu, hehe...thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  6. Penyebab mual tuh bervariasi ya, bisa sederhana maupun cukup serius.

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu kecil aku paling susah pergi-pergi terutama naik kendaraan umum, soalnya suka muntah-muntah apalagi kalau pakai AC. Ternyata setelah dewasa aku baru tahu kalau kecemasan yang berlebihan bisa bikin mual juga, soalnya aku punya kecemasan yang berlebih, yang sampai sekarang susah sekali hilang.

    ReplyDelete
  8. No. 1 sering ngalamin tapi sejak rutin makan yg teratur tidak lagi mual dan alhamdulillah makan pun jadi lancar dan aman

    ReplyDelete
  9. Kalau maag ku muncul kadang mual sampe muntah, juga sering mabuk darat, nggak enak banget pokoknya

    ReplyDelete
  10. Sakit perut yang mana? Jadi kalau sakit perut itu harus dikenali dulu ya sakit perut yang mana supaya tahu bagamana penanganannya. Yang kecemasan itu pasti paling sering dialami orang. Stres

    ReplyDelete
  11. Penyebab no 10 yang paling sering saya khawatirkan hehehe belum siap untuk hamil lagi karena anak masih balita juga hehe

    ReplyDelete
  12. Penyebab no 10 yang paling sering saya khawatirkan hehehe belum siap untuk hamil lagi karena anak masih balita juga hehe

    ReplyDelete
  13. Ngerasain mual parah malah pas hamil trimester pertama dan kedua, dahsyat banget lah pokoknya

    ReplyDelete

Silakan Berikan Komentar, Saran, dan Kritik Untuk Postingan Ini, yang sopan ya ^^ dan please jangan spam